Dapatkan Penghasilan dari blog anda! baca juga dibawah ini:

Rabu, 29 Februari 2012

"Ramalan Teknologi 2012"

Selamat datang 2012, tidak terasa setahun telah berlalu. Banyak kisah yang terjadi sepanjang tahun 2011 didalam dunia IT dan kita bisa melihat bahwa perkembangan teknologi tidak pernah berhenti, lompatan demi lompatan terus terjadi dan berbagai kejadian baik besar maupun kecil sudah terjadi yang akan mempengaruhi perjalanan masa depan dunia teknologi.
Toko buku borders yang pernah menjadi toko buku terbesar di Amerika, akhirnya harus tumbang dan menutup semua cabang yang ada diseluruh dunia. Jumlah toko buku borders yang tersebar diseluruh dunia ini tidak tanggung-tanggung, karena mencapai seribuan toko buku dengan jumlah karyawan yang mencapai sebelas ribu karyawan. Borders ditutup dengan hutang yang mencapai ratusan juta dolar. Borders tetap menjalankan bisnis secara tradisional ketika perubahan sedang terjadi dan ketika mereka menyadari bahwa masa depan ada di ebook, semuanya sudah terlambat. Amazon telah mencatatkan penjualan ebook yang lebih tinggi daripada buku cetak. Kedepan, dipastikan penjualan ebook akan semakin tinggi dan meninggalkan penjualan buku cetak yang lebih mahal, susah dibawa dan biasanya tidak berwarna. Toko-toko buku tradisional akan semakin sulit dengan omzet yang semakin turun.

Pertarungan dunia tablet yang terjadi antara iPad dan Android yang sudah memanas ini tampaknya tidak akan banyak berubah. iPad tetap akan merajai dunia tablet dengan iPad 3 yang akan segera dikeluarkan pada tahun 2012. Steve Jobs pernah mengatakan bahwa tablet 7 inch terlalu kecil dan iPad tidak akan dikeluarkan dalam 7inch namun terbukti pasar berkata lain. Apakah iPad juga akan dikeluarkan dalam bentuk yang lebih kecil sehingga muat dikantong ? Kemungkinannya tetap saja ada mengingat Apple tidak ingin pasarnya terus digerogoti. Seperti politik, kata-kata dalam berbisnis juga tidak bisa dipegang seratus persen. Seseorang bisa mengatakan ‘saya tidak akan mencalonkan diri menjadi presiden’ namun nantinya bisa mengatakan ‘rakyat yang menginginkan saya, bukan saya yang ingin jadi presiden’. Inilah politik.

Berjayanya Apple tidak lepas dari sistem operasi IOS yang jauh lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan Android. Permasalahan pada Android akan semakin kompleks dengan Malware yang semakin banyak. Kita akan menemukan banyak program jahat didalam market Android yang akan membuat penggunanya frustasi. Android harus menemukan pemecahan soal malware ini walaupun penyakitnya cukup kronis. Kebebasan yang diusung oleh Android menjadi senjata makan tuan.

Berjayanya Apple Store yang menjual software akan segera diikuti oleh perusahaan raksasa seperti Amazon, Samsung, Intel dan Microsoft walaupun agak terlambat. Store yang dibuat Microsoft tetap mempunyai prospek yang cerah bila mampu dibuat seperti milik Apple karena pengguna desktop Microsoft masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan Apple. Mari kita sambut datangnya Windows 8 dengan Application Store-nya.

Permasalahan pada orang IT atau programmer adalah terlalu teknis dan tidak mengerti bisnis. Mereka bisa membuat produk bagus namun tidak bisa memasarkan produk itu dengan baik sehingga biasanya akan menghasilkan produk gagal. Dengan bantuan Store digital, permasalahan ini sebagian besarnya terpecahkan. Anda akan melihat orang-orang kaya baru hanya dengan berjualan program digital didalam market virtual. Selamat datang OKB berkacamata dengan tampang yang culun.

Pada tahun 2011 ini, tokoh IT dunia dari perusahaan yang paling top saat ini, Steve Jobs meninggal dunia karena kanker pankreas yang dideritanya. Saham Apple langsung turun karena kekhawatiran akan perusahaan Apple tanpa adanya Steve Jobs. Meninggalnya seorang pemimpin pada sebuah perusahaan yang sudah mapan, tidak akan langsung mempengaruhi perusahaan tersebut dan baru akan terasa minimal 5 tahun kedepan. Jadi, kita tidak akan merasakan pengaruh pada produk yang dikeluarkan oleh Apple. Tidak mungkin pada tahun 2012 ini tablet iPad berubah jadi super tebal, super berat atau iPhone dengan keyboard ala blackberry hanya karena tidak ada Steve Jobs.

Blackberry gagal masuk ke pasar tablet sesuai perkiraan namun yang lebih parahnya lagi adalah smartphone mereka juga mulai terpuruk. Perombakan sistem operasi menjadi lebih user friendly dan menyenangkan terlalu lambat dikembangkan oleh blackberry. Akuisisi terhadap sistem operasi QNX membuktikan pihak blackberry telah sadar akan kekurangan sistem operasi mereka dan pengembangan sistem operasi ini benar-benar harus dikebut. Nasib blacberry ada ditangan sistem operasi yang digunakan atau mereka tidak akan bisa bersaing dengan iPhone dan handphone-handphone Android yang mewabah. Andalan blacberry saat ini hanyalah pada aplikasi BBM karena bentuk khas handphone blackberry dengan keyboard qwerty telah diikuti oleh banyak produsen. Apakah akan ada perombakan besar-besaran pada sistem operasi blackberry ini ? semoga aja.


S’to
www.facebook.com/sto2009
www.twitter.com/sto2009
 
sumber:  http://www.jasakom.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar